Kenapa Baterai Pada Smartphone jadi Boros? 

Mungkin bagi pengguna smartphone sering mengeluhkan kenapa baterai smarthphonenya boros, atau cepat habis. Kadang sebagian orang kurang menyadari kalau tiba tiba saja baterai handphonenya tinggal berapa persen lagi. Apalagi untuk yang akan melewati perjalanan jauh, ini pasti hal yang sangat tidak nyaman. Ada beberapa hal yang menyebabkan smartphone anda jadi boros baterai,

Network mode yang digunakan. Dalam smartphone pengguna biasanya diberikan pilihan untuk menggunakan layanan network dari yang disediakan operator. Pilihan tersebut antara lain 2G only, 3G atau WCDMA atau UMTS Only maupun 2G dan 3G. Ketiga pilihan tersebut memberikan pengaruh terhadap system penggunaan baterai. Untuk pilihan jaringan pada 2G only akan menghemat pada pemakaian baterai tapi pembatasan untuk layanan yang bisa digunakan yaitu telp, sms dan limitasi kecepatan pada paket data. Mode 2G only atau dikenal GSM only biasanya digunakan untuk daerah yang belum ada jaringan 3G nya. Penggunaan jaringan 3G only atau biasa disebut dengan jaringan UMTS atau WCDMA menyebabkan penggunaan baterai lebih banyak dibanding 2G. Hal ini disebabkan system pada 2G berbeda dengan system pada 3G yaitu adanya system power control yang peranannya sangat penting untuk menjaga kualitas hubungan antara smartphone anda dengan Base Transceiver Station (BTS) yang terdekat. Power control ini yang akan menjamin kualitas pada saat menggunakan layanan unggulan 3G seperti high speed packet data dan video call. Bingung kan? Ya memang sangat rumit, tapi sederhananya untuk mempertahankan hubungan antara smartphone dengan BTS maka selain BTS memancarkan sinyal yang lebih kuat agar bisa diterima pada smartphone dengan daya yang sesuai dipersyaratkan, maka smartphone juga memancarkan sinyal yang agar bisa diterima pada BTS. Perubahan daya dari sinyal ini berbading lurus terhadap jarak antara smartphone dengan BTS. Semakin jauh jaraknya maka semakin besar kekuatan sinyal
Untuk yang terakhir, penggunaan mode 2G and 3G, pada mode ini smartphone anda akan memilih untuk menggunakan jaringan yang akan digunakan. Pemilihan jaringan antara 2G atau 3G ini berdasarakan sinyal yang diterima untuk setiap mode jaringan. Smartphone akan membandingankan kualitas sinyal mana yang lebih bagus untuk digunakan.
Jadi sekarang kembali lagi ke pengguna smartphone, apakah anda mau menggunakan mode yang mana. Setidaknya pengguana bisa memilih jaringan yang akan digunakan sesuai kebutuhannya sehingga bisa lebih menghemat baterai smartphone anda.
Penggunaan wifi atau Bluetooth. Pengguanaan Wifi biasanya untuk akses internet yang sudah disediakan ditempat tempat tertentu. Nah wifi biasanya disebut juga dengan Hot spot. Pada tau kan, biasanya ada ditempat tempat yang ramai dikunjungi seperti mall, café, ataupun kampus. Penggunaan wifi akan mengaktifkan system wifi yang akan menghabiskan baterai smartphone anda lebih cepat. Begitu juga dengan Bluetooth
Matikan layar jika smartphone tidak digunakan. Karena ketika smartphone anda sedang posisi menyala, otomatis layar smartphone anda akan menghabiskan daya baterai. Jadi jika ingin menghemat penggunaan baterai, jangan lupa untuk mematikan layar smartphone anda, atau biasa disebut dim the screen.
Jangan mengaktifkan aplikasi yang tidak digunakan. Karena beberapa aplikasi pada smartphone dapat bekerja dibalik layar smartphone. Aplikasi – aplikasi tersebut dapat menghabiskan baterai karena kinerja processor smartphone bertambah dan mengurangi random access memory (RAM) smartphone anda. Jadi klo memang tidak dipakai, mending dinonaktifkan saja, karena membuat kinerja smartphone anda menjadi berkurang alias lemot.
Multitasking.. hmm apa itu multitasking, mungkin bagi kebanyakan orang multitasking sudah tidak aneh lagi terdengar. Multitasking adalah system yang dapat mengakses atau mengeksekusi berbagai macam perintah sekaligus. Sederhananya, anda dapat menjalankan aplikasi smartphone anda secara bersamaan. Kebanyakan orang tidak menyadari jika setelah menggunakan aplikasi tertentu tidak menutupnya secara total, atau masih berjalan. Nah tentu saja hal ini sangat mengikis cepat baterai anda, apalagi jika aplikasi anda tersebut terdapat syncronisasi dengan server atau terhubung dengan internet. Jelas banget hal ini faktor utama yang mengkonsumsi baterai smartphone anda secara besar besaran. Misalnya saja aplikasi popular seperti facebook yang selalu terupdate secara otomatis apabila diaktifkan.
• Ada beberapa sumber mengatakan pengaruh Operating system pada smartphone mempengaruhi tingkat penggunaan energy pada baterai, tapi pengaruhnya tidak secara signifikan.

Advertisements

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: